Teori Pendidikan Vygotsky terhadap Kehidupan Sehari-hari

on Monday, March 24, 2014
Lev Vygotsky telah mengemukakan teori kognitifnya sebagai berikut:

1. Keahlian kognitif anak dapat dipahami apabila dianalisis dan diintrepretasikan secara developmental, biasa disebut dengan Kognitif-Developmental. Maksudnya disini keahlian kognitif anak bisa diamati dari perkembanganmya di lingkungannya. Jika diamati dari perkembangan kognitif saya, saya dapat berbahasa Inggris dan mengutak-atik komputer pada saat saya di Sekolah Dasar. Ini disebabkan karena saat saya masih kecil, saya dikelilingi anggota keluarga yang suka bermain komputer. Makanya saat itu juga saya diajarkan untuk mengoperasikan komputer, seperti bermain game dan menggunakan software paint. Karena komputer ini juga saya dapat mengerti bahasa Inggris.

2. Kemampuan kognitif dimediasi dengan kata, bahasa dan bentuk dikursus yang berfungsi sebagai alat psikologis untuk membantu aktivitas mental, biasa disebut dengan Kognitif-Verbal. Contohnya yaitu pada saat saya kecil, saya sering diikutkan dalam lomba menyanyi. Sebenarnya pada waktu kecil saya tidak tahu apakah suara saya merdu atau tidak, tetapi karena kata-kata motivasi dari orang tua dan keluarga saya, saya semangat untuk mengikuti lomba tersebut.

3. Kemampuan dan keahlian kognitif berasal dari relasi sosial dan dipengaruhi oleh latar belakang sosiokultural, biasa disebut dengan Kognitif-Sosiokultural. Dalam keluarga saya, saya diajarkan bermain piano oleh Ibu saya dan saya diajarkan cara berhitung oleh Ayah saya. Yang saya alami ini dapat disebut sebagai salah satu contoh kognitif-sosiokultural.

oleh:
Yolanda Maranatha (13-080)
Kelompok 2

0 comments:

Post a Comment